Friday 17 December 2010

Makna Basec

Basec adalah kepanjangan dari Basic Excul Compilation . Nama itu tercetus di pikiran saya saat rapat perihal orientasi didik pada pertemuan pertama . Entahlah apa yang ada di benak saya saat mendapatkan nama itu , hingga tiba tiba munculah nama Basec yang sudah dua tahun ini jadi nama acara rutin tahunan di sekolah saya dalam dua tahun belakang terakhir . filosofi Basec sendiri adalah plesetan dari Bahasa Indonesia-nya Besek . Besek adalah makanan/sesuatu yang kita dapat bawa pulang saat acara . Inilah yang diharapkan pada Ordik yang diberi nama Basec . Harapannya adalah ketika selesai acara ordik , Ada value yang sangat worth yang bisa dibawa pulang dari acara ordik "Basec" . Baik dari nilai kemandirian , kekompakan , pengalaman unik saat ordik , bagaimana memimpin suatu regu hingga cerita cerita yang tidak akan hilang hingga akhir hayat peserta nanti .

Hemat saya sebagai penulis , Jujur terkadang masih banyak oknum oknum yang menginginkan konsep Otoriter . Hal ini harus diminimalisir agar tidak menjadi dendam turun temurun . Saya berharap di kedepannya nanti , acara Basec- Basec yang akan datang harus dibagi secara proporsional antara sifat otoriter dan egaliter . Dalam kesempatan ini , saya prefer lebih suka mengarahkan ordik dari yang tadinya hanya bersifat penggonjlokan ke arah yang lebih baik . Minimal tujuan acara ini tersampaikan dengan baik . Dimana orientasinya adalah muatan dan nilai-nilai yang ingin dibangun . Bukan dengan cara asal-asalan saja . Asal marah , asal bentak , asal senior puas melihat juniornya under-pressure . Jika orientasi kita sudah pada nilai nilai , maka kita tidak akan terjebak dengan cara yang menoton . Sehingga diharapkan hadirlah suasana ordik yang dinamis . saya ingat pesan senior saya yang bernama Ari Satria dan Septian Nugraha "ngedidik junior ga pake marah marah juga bisa kalee" . Mereka saja bisa , Mengapa kita tidak ?

4 comments:

  1. salam kenal dan jangan lupa kunjungan baliknya
    >> http://blog.umy.ac.id/mahrus <<

    ReplyDelete
  2. This information is some of the best I have found on this topic for me, I would like to appreciate your posting style, it’s really good, keep it up...Thanks for your post but you need to update it Good luck!

    ReplyDelete
  3. I am so happy show this good post. I love this nice blog. Thanks share this good think. I am very impressive these interesting and very informative post.

    ReplyDelete
  4. I Read your Information it is very hlepful for me. Thanks

    ReplyDelete