Monday 6 December 2010

Fenomena JakBan

JakBan , bukan Jakarta-Bandung , Bukan juga Jakarta-Jamban , lalu apa ?
JAKARTA BANJIR .

Jakarta , kota metropolitan yang kini dipimpin oleh seorang yang mengaku "AHLI-NYA" JAKARTA saat kampanye memperebutkan kuri orang nomor 1 DKI di tahun 2007 . Sebut saja Fauzi Bowo , yang akrab dipanggil bang fake foke . Beliau menang pemilu GUBERNUR DKI pada tahun 2007 , mengungguli pasangan Adang Daradjatun dan Dani Anwar . Namun setelah 3 tahun bercokol di Singgasana nomer 1 di DKI itu , Masalah klasik Jakarta , salah satunya adalah banjir tak urung jua dapat diatasi , Bagaimana ini , katanya "Ahli" . Membuat saya makin meragukan ke "ahli"-an dari si Bang Fake Foke ini .

Alih alih membuat jakarta jauh dari banjir , Kalau diliat realita Jakarta sekarang , makin marak aja nih pembangunan apartemen-apartemen high class yang mengambil lahan hijau . Emang sih , banjir itu ga bisa diatasin dalam sebulan atau 2 bulan , tapi kalo ngeliat pembabatan yang marak yang hanya menguntungkan kaum borjuis sih , gimana mau mengatasi banjir , jangankan mengatasi , meminimalisir saja sulit kalau keadaannya seperti ini .



Masalah utama Jakarta ada pada minimnya resapan air. Limpahan air hujan di Jakarta sekitar 2000 Juta m3/Tahun, yang masuk ke dalam tanah hanya 532 Juta m3/Tahun (26,6%), sisanya menjadi surface run off (air limpasan) 1468 Juta m3/Tahun (73,4%) (data Pemprov DKI). Maka tidak heran bila di musim kemarau kita kekeringan, dan musim hujan kita kebanjiran. nah karena jumlah air yang diresap oleh tanah Jakarta dan menjadi air tanah sangat rendah. Sebagian besar air hujan hanya “numpang” lewat Jakarta.

Apa penyebab resapan air minim di Jakarta? Resapan air minim karena air tidak bisa menembus permukaan yang tidak berpori. Air misalnya lebih mudah menembus tanah berbutir kasar dan berpori-pori halus seperti pasir (sand). Air akan sulit menembus lanau (silt) apalagi lempung (clay).

Jadi kalau sudah begini mau gimana ? Mending kita usaha buat bantu Pemda yang dipimpin si "ahli" itu buat membangun Jakarta menjadi lebih baik .Sekian

5 comments:

  1. heheh ada aj ide buat posting..
    salut Mas

    ReplyDelete
  2. Thanks for giving this superb post that is really really too useful for the listeners and to be follow the suggestions.

    ReplyDelete
  3. I had been reading a few of the articles right here but everyone provide great information and I needed to leave just a little remark to support a person as well as wish you a good continuation. Wishing you the best of luck for those your own blogging efforts.I truly appreciate the time you absorbed writing this article.

    ReplyDelete
  4. Great blog article about this topic, I have been lately in your blog once or twice now. I just wanted to say my thanks for the information provided here.
    cottages for rent in quebec

    ReplyDelete
  5. I am just catching up but holy crapoly, that sounds like an awesome tailgate! I have to say - they aren't all that amazing. Deep fried Prime Rib? My god. Thank you for providing this information.

    ReplyDelete