Thursday 25 November 2010

Guru terbaik versi ADF

Pagi yang sudah lewat , tanggal 25 November 2010 seakan menjadi hari yang punya makna sendiri . Pulang ke rumah , dari mana cang? ya dari sekolahlah , oke tanpa basa basi . Kamis , 25 November 2010 , sekolah SMAN 13 melaksanakan upacara memperingati Hari Guru . Upacara pada hari ini belangsung unik , mengapa ? ya! unik , dikarenakan komposisi para petugas upacara dihuni oleh guru guru . banyak kejadian menarik dan lucu . Diantaranyaa bendera keseribet dan Lipsing yang sangat kentara . Tapi terlepas dari itu semua , yang mengharukan adalah sesi pemberian bunga dari murid ke guru . Oke , disini saya tak mau bermenye menye mengenang euforia tadi pagi . yang akan saya bahas adalah , guru terbaik di SMAN 13 versi saya . Semuanya baik tapi saya akan menuliskan guru guru yang PALING berkenan selama saya sekolah disini :)) . Siapakah mereka ?




1. Ibu Eny 
Beliau sosok pertama yang saya kagumi ketika masuk ke SMAN 13 , cara mengajar beliau tidak text book , setiap materi per babnya , dijelaskan dengan menggunakan contoh masalah yang saat itu sedang sangat hangat hangatnya . Sehingga murid bisa membayangkan dan mudah mencerna materi dari beliau . Beliau juga sanggup membuat keadaan di kelas menjadi panas seketika . panas disini adalah menciptakan debat yang membuat murid semuanya turut andil dalam debat itu . Yang satu lagi , yang saya ingat pada saat pelajaran Bu Eny adalah , beliau bahasanya "BERAT" pada saat menjelaskan , tapi mengerti atau tidak , murid murid di kelas terhenyak dan mendengar secara saksama tentan apa yang dibicarakan Bu Eny , bahkan kalau pelajaran Bu eny habis , Saya masih ingat sekali saat di X-1 , murid murid mengeluh karena jam pelajaran Bu eny sudah habis . padahal sedang seru serunya membahas Antasari Azhar pada saat itu.

2. Pak Irwan
Sosok yang sederhana , selalu tersenyum , santai dan ramah . Guru bahasa Inggris yang satu ini membuat saya sangat bersemangat belajar bahasa Inggris , apabila murid salah , beliau memberi masukan dengan santai dan senyum sehingga saya nyaman sekali menikmati pelajaran dari beliau > membuat murid berani mencoba dan tak pernah takut untuk salah ketika mencoba mengerjakan tugas dari Beliau . Kata kata yang paling saya ingat dari beliau adalah "Bahasa Inggris itu pake Taste , kalau dibikin ribet seperti bahasa Indonesia , kalian akan sulit mempelajarinya"

3. Bu retno
Tak perlu diragukan lagi kredibilitas beliau sebagai seorang guru . Biasanya PKN itu identik dengan "ngantuk, bahasa yang berat,dan membosankan". Tapi beliau selalu menghidupkan suasana kelas , pola pikirnya hebat . Saya tak bisa berkata apa apa , saya mengaguminya . Terlalu panjang untuk ditulis . Saya berharap semoga banyak guru guru seperti bu retno di negara ini .

4. Bu Septini
Guru yang doyan ngebanyol ini menurut saya guru hebat , pola pikirnya kritis sekali , Saya pertama kali diajar beliau waktu kelas XI sempat kesal . Mengapa cang ? kalo ngomentariin pedes banget , tapi seiiring waktu , saya mengerti apa maksud beliau . membuat murid mudah puas diri , dan haus akan hasil yang sempurna . Beliau menuntut murid menggunakan logika dalam memahami sosiologi , memancing pikiran murid untuk memahami 1 kata kunci yang membuat murid dapat paham konsep konsep yang beliau maksud . salut bu !!

5. Bu Peni
Sikapnya keibuan , baik , memompa semangat IPS agar jangan mau kalah dengan anak IPA . Penjelasannya cepat dan membuat murid mudah mencerna matematika . Metode belajar yang sangat langka . Masukan dari beliau semuanya bermakna buat hidup saya . Terimakasih bu :)

6. Bu Soleha
Tak dipungkiri , guru ini terkenal angker di kalangan kelas XII , saya juga aneh kenapa anak anak kelas XII takut kalo ada jam Ibu Soleha . Kalau saya dan teman saya yang bernama gilang , malah senang sama pelajaran Public Speaking dari Beliau . Kenapa senang ? Advice dari beliau sangat berarti , kiat kiat bagaimana anda dapat berbicara hebat depan publik banyak . komentarnya kritis , namun saya menganggap itu adalah lecutan buat murid agar muridnya dapat lebih baik lagi .

7. Pak Adi
Beliaulah yang menyadarkan saya untuk menghargai sejarah , beliau saksi hidup bagaimana berhadapan dengan orang komunis . Saya sangat senang sekali mendengar cerita cerita beliau saat pelajaran sejarah .

Sekian lah , guru tebaik versi saya . Urutan diatas hanya formalitas . Semua guru pada dasarnya baik , karena mereka sangat mulia sekali , mempunyai niat membimbing dan mendidik kita agar jadi orang berguna . Ada yang punya masukan ? siapa guru terbaik SMAN 13 versi kalian?

2 comments:

  1. I admire the valuable information you offer in your articles. I will bookmark your blog and have my friends check up here often. I am quite sure they will learn lots of new stuff here than anybody else!

    ReplyDelete
  2. http://rindra.blog.dinus.ac.id/2016/09/01/alat-tanam-benih-jagung-dengan-tuas-pengungkit-dan-mekanik-pembuat-lubang/
    http://anakadarningsih.blog.dinus.ac.id/2016/06/24/dosen-blogger/
    http://ennyvisioner.blog.dinus.ac.id/2016/06/24/workshop-penyusunan-proposal-penelitian-dikti/
    http://youseewhy.blog.dinus.ac.id/2016/09/14/mata-kuliah-sistem-informasi-akuntansi/
    REKOMENDASI ARTIKLE TERBAIK NIH

    ReplyDelete